5 Bumbu Dapur yang Berkhasiat Turunkan Gula Darah, Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes

Terdapat sejumlah bumbu dapur yang bisa dikonsumsi penderita diabetes Bersama aman. Salah satunya cengkeh. Foto/iStock

JAKARTA – Terdapat sejumlah bumbu dapur yang bisa dikonsumsi penderita diabetes Bersama aman. Bukan hanya sebagai penyedap rasa, bumbu tersebut dapat membantu mengontrol gula darah dan mencegah komplikasi.

Diabetes merupakan induk Untuk banyak Penyakit. Berawal Untuk diabetes, beberapa Penyakit berbahaya lainnya seperti stroke hingga serangan jantung bisa datang Bersama mudah.

Sebagai menghindarinya, seseorang harus mempunyai Cara Hidup dan pola makan yang sehat. Para penderita diabetes bisa memanfaatkan beberapa bumbu dapur Sebagai dikonsumsi sehari-hari.

Dilansir Untuk NDTV, berikut bumbu dapur yang berkhasiat menurunkan gula darah.

1. Biji Fenugreek

Biji fenugreek atau kelabat merupakan salah satu bumbu dapur yang dikenal dapat menurunkan kadar gula Untuk darah. Serat Untuk biji fenugreek yang dicerna Bersama lambat dapat melepaskan gula secara bertahap Ke Untuk aliran darah.

Menurut suatu Eksperimen yang diterbitkan Untuk jurnal International Journal For Vitamin and Nutrition Research, Di 10 gram biji fenugreek yang telah direndam Dari air panas bisa membantu Untuk mengendalikan diabetes tipe 2.

2. Kayu Manis

Kayu manis juga termasuk bumbu dapur yang dapat Memperbaiki sensitivitas insulin dan mengatur kadar gula Untuk darah. Sebab, rempah satu ini mengandung cinnamaldehyde yang bermanfaat Untuk Kesejaganan dan aroma harum menenangkan Untuk kayu manis.

Berdasarkan laporan Eksperimen, mengonsumsi hingga 6 gram kayu manis setiap hari Di 40 hari telah terbukti membantu membatasi lonjakan gula darah.

Cara mengonsumsinya sangat mudah, taburkan saja bubuk kayu manis Untuk smoothie, oatmeal, dan pancake atau bisa juga Bersama menambahkan batang kayu utuh Ke masakan berkuah seperti sup.

3. Kunyit

Bumbu dapur Berikutnya yaitu kunyit. Kunyit terkenal Memiliki zat antioksidan tinggi Sebagai melawan Penyakit dan Infeksi. Untuk sebuah Eksperimen yang diterbitkan Di 2013 Menunjukkan bahwa kandungan kurkumin Untuk kunyit bisa menurunkan glukosa Untuk darah dan mengatasi Tanda-Tanda diabetes lain.

Selain Di masakan, penderita diabetes juga bisa mencampurkan kunyit Ke Untuk minuman. Salah satunya Bersama meminum susu kunyit sebagai cara alternatif Sebagai mengonsumsi jenis bumbu yang satu ini.

4. Cengkeh

Cengkeh merupakan bumbu dapur yang bisa Memperbaiki produksi insulin. Di Di Itu, cengkeh juga bermanfaat sebagai antiseptik, antiinflamasi, dan baik Sebagai pencernaan penderita diabetes.

5. Jahe

Sebagai perasa yang panas dan pedas, mengonsumsi jahe ternyata dapat membantu homeostasis glukosa darah. Untuk satu studi yang diterbitkan Untuk Journal of Ethnic Foods, disebutkan kalau jahe bisa Memangkas kadar glukosa serum Di penderita diabetes tipe-2.

Selain Di Konsumsi, konsumsi jahe juga bisa Bersama cara diminum, yakni dijadikan air jahe maupun dicampurkan Bersama segelas teh hangat. Cara tersebut aman dikonsumsi penderita diabetes.

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia News: 5 Bumbu Dapur yang Berkhasiat Turunkan Gula Darah, Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes